Minggu, 11 Januari 2015

BERSEDEKAH SAAT SEHAT


takwa., hidayah, pendidikan, keyakinan, takwa.      Diriwayatkan dari abu Hurairah RA, ia berkata, ada seorang yang datang kepada Nabi SAW seraya bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya? Beliau menjawab, “Bersedekahlah kamu selagi masih sehat, dan masih berkeinginan untuk kaya. Dan, janganlah kamu menunda-nunda sehinggal apabila nyawa sudah sampai tenggorokan maka kamu baru berkata, ‘untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli warisnya).
Hadis diatas memberikan pekajaran penting kepada kita mengenai saat sedekah yang akan diganjar dengan pahala yang besar oleh Allah SWT, salah satunya adalah saat kita sedang sehat. Besarnya pahala yang didapat orang yang bersedekah pada saat sehat dikarenakan pada umumnya manusia akan merasa pelit ketika berada dalam keadaan sehat.
Berbeda halnya dengan mereka yang sudah tidak mempunyai harapan lagi untuk sehat. Sementara, ia memandang bahwa hartanya akan menjadi milik orang lain maka ketika itu sedekahnya merupakan suatu kekurangan. Oleh karena itu, bersedekah pada saat sehat merupakan bagian penting yang harus kita lakukan dalam hidup ini.
Hal ini dapat kita pahami dari hadis rasulullah SAW, “Bersegeralah kamu sekalian untuk beramal sebelum datang tujuh hal: kemiskinan yang menimbulkan kelalaian, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang merusak, ketuarentaan yang melemahkan akal, kematian yang membunuh dengan cepat, atau menunggu datangnya dajjal pada hal ia adalah sejelek jeleknya yang ditunggu, atau menunggu datangnya hari kiamat padahal kiamat itu lebih berat dan lebih pahit
(pedih).” ( HR TIRMIDZI).
takwa., hidayah, pendidikan, keyakinan, takwa.      Selain itu, bersedekahlah pada saat diri kita sehat  sama dengan mensyukuri nikmat kesehatan.      Hal itu karena bukti mensyukuri  nikmat sehat adalah mempergunakan nikmat sehat itu dengan melakukan ketaatan kepada-Nya yang salah satunya mengisi nikmat sehat dengan                      banyak bersedekah.   
Lainnya, bersedekah pada saat sehat termasuk orang yang diutamakan karena kebanyakan manusia sering melupakan nikamat sehat, sebagaimana sabda rasulullah SAW, “Ada dua nikmat yang kebanyakan manusia tertipu karenanya, yaitu kesehatan dan  waktu luang.” (HR Bukhari).
Untuk itu, selagi sehat, mari isi kesempatan yang Allah anugerahkan ini dengan memperbnyak amal kebaikan, diantaranya, dengan bersedekah agar medapatkan pahala yang besar dan keutamaan dari Allah SWT.


***)hikmah rebpublika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar