Sabtu, 06 Desember 2014

BAHASA PILIHAN ALLAH

       
Hidayah,  Tuhan.       Banyak yang beranggapan Bahasa Arab masih menjadi nomor sekian setelah Bahasa Inggris. Hal ini ditambah dengan sulitnya bahasa itu. Namun, tanpa disadari bahasa Arab memiliki keutamaan dibanding bahasa lainnya. Rektor Institut Ilmu Alquran (IIQ), Prof Akhsin Sakho, menyebut keutamaan itu dapat ditinjau dari dua sisi, yakni dalam sisi agama dan sosial masyarakat. Mengingat, kitab suci umat Islam tertuang dalam bahasa Arab.
Ingatlah, ajaran Allah yang tertera dalam Alquran serta ajaran Rasulullah tertulis dalam bahasa Arab. Bahasa yang memiliki makna luas dan sebaik-baiknya umat adalah umat yang mempelajari tuntunan Allah dan Rasul Nya dengan sungguh sungguh.
Oleh karena itu, penting bagi Muslim untuk memahami Bahasa Arab. Mengingat, kalimat Allah yang luas maknanya tidak cukup dipahami hanya melalui terjemahan saja. Satu kata dalam bahasa Arab di Alquran memiliki banyak makna tentang kebesaran Allah. Sedangkan, bahasa selain itu hanya mampu menuliskan yang paling mendekati. Kekayaan bahasa Arab sering tidak sebanding dengan bahasa bahasa lain. Disinilah kesulitan para penerjemah. Dan bahasa Indonesia pun sangat miskin dibandingkan dengan bahasa Arab. Cara terbaik untuk memahami kehendak Allah adalah melalui bahasa Arab.
Hidayah, Tuhan.         Rata-Rata negara yang menggunankan bahasa Arab memiliki sumber alam dan perkembangan ekonomi yang cukup besar. Seharusnya, hal itu menjadi peluang dan motivasi Indonesia untuk lebih dekat dengan mereka karena punya kesamaan agama. Tapi, pada kenyataannya bangsa asing yang lebih cekatan dekat dengan mereka.
Selain itu, bahasa Arab juga membuat manusia semakin dekat dengan agamanya. Aneh rasanya jika mengaku Muslim, namun ia tidak mengenal bahasa Arab. Bukan dalam arti mengerti bahasa Arab, seperti bahasa yang digunakan saat beribadah, berzikir, dan dalam pengajian. Bahasa Arab juga bahasa yang diciptakan langsung oleh Allah SWT, bahasa yang terus hidup dan tidak akan pernah menghilang. “Ingatlah, bahasa Arab Alquran pun telah mengislamkan bahasa Arab pada zaman jahiliyah dahulu. Mengislamkan melaluli kekayaan makna dan konsep, seperti yang saat ini, dan hingga kini.

***)hanan putra ed:hafidz mutisany


Tidak ada komentar:

Posting Komentar