Sabtu, 27 Desember 2014

JANGAN KALIAN MEMAKAN BANGKAI SAUDARAMU


Pendidikan, keyakinan, Takwa.    Sebuah ikhtibar yang dapat diambil dari pemaparan Ustad Arfan M.alwy dalam pengajian di Masjid Alfurqon. Begitupun berbagai faedah yang dilaksanakan selalu ada nasehat yang dapat diambil darinya.
Misalnya dikemukakan bahwa tiadalah gunanya berprasangka buruk. Karena prasangka buruk itu tidaklah baik, bahkan akan menurunkan derajat kemuliaan seseorang. Begitu ungkap Ustad Arfan M.Alwy. Ia mengutip sebuah kisah dalam sebuah hadits, dimana Ubaid r.a, dia berkata: “Di masa Rasulullah SAW, beliau memerintahkan orang-orang berpuasa selama satu hari. Lalu mereka pun berpuasa. Saat itu ada dua orang wanita berpuasa, dan mereka sangat menderita karena lapar dan dahaga pada sore harinya. Kemudian kedua wanita itu mengutus seseorang menghadap Rasulullah SAW, untuk memintakan izin bagi keduanya agar diperbolehkan menghentikan puasa mereka.
Pendidikan, keyakinan & takwa.  Sesampainya utusan tersebut kepada Rasulullah SAW, beliau memberikan sebuah mangkuk kepada keduanya untuk di berikan kepada kedua wanita tadi, seraya memerintahkan agar kedua-duanya memuntahkan isi perutnya ke dalam mangkuk itu. Ternyata kedua wanita tersebut memuntahkan darah dan daging segar, sepenuh mangkuk itu, sehingga membuat orang – orang terheran.
Dan Rasulullah SAW bersabda: “Kedua wanita ini berpuasa terhadap makanan yang dihalalkan Allah tetapi membatalkan puasanya itu dengan perbuatan yan diharamkan oleh-Nya. Mereka duduk bersantai sambil menggunjingkan orang lain. Maka itulah ‘daging-daging’ yang mereka gunjingkan.
Demikianah sebuah dapat menjadi pelajaran dan pendidikan  yang diungkapkan, dapat dijadikan pelajaran bagi kita dalam setiap pergaulan dalam kehidupan bermasyarakat. Seruannya, mengajak kita untuk meninggalkan sikap-sikap seperti itu karena bukan sebuah kebaikan, malah akan membuat dosa besar bagi pelakunya. Wallohu’alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar