Kamis, 25 Desember 2014

KADERISASI DAIYAH


Pendidikan, sifat.  Dai Muslimah tidak muncul begitu saja. Ada proses panjang bagi seorang muslimah untuk bisa muncul sebagai sosok dai. Proses kaderisasi daiyah tak luput dari peran organisasi masyrakat islam di Indonesia.
Ketua Umum PP Aisyiyah Noordjannah Djohantini mengatakan kaderisasi daiyah yang di kenal di Aisyiyah sebagai mubaligh berasal dari akar rumput. “kami lakukan kaderisasi melalui majelis tabligh Aisyiyah di akar rumput.”ujarnya.
Pendidikan, sifat.    Dalam majelis tabligh ini kader mubalighah harus menguasai kajian islam di kehidupan sehari hari untuk berdakwah. Kader mubalighah yang ada tidak hanya memahami Islam saja, tetapi mereka juga harus mampu menguasai ilmu umum di bidang keahlian masing masing.
Setiap sendi kehidupan yang kita lakukan tidak dapat dipishkan antara Islam dan lainnya, seperti bidang ekenomi, kesehatan, pendidikan, dan sosial.
Pembinaaan mubalighah saat ini di kembangkan di kelompok kelompok pengajian. Saat ini jumlah kelompok pengajian Aisyiyah Indonesia berjumlah 12.149 kelompok. Sedangkan mubalighah Aisyiyah yang ada sekitar 10.329 orang. Kondisi ini di harapkan Noor akan terus meningkat sejalan dengan kebutuhan umat.
Pendidikan.   Memang tidak mudah mengader umat menjadi mubalighah. Sebab, mereka harus secara sukarela mengabdikan dirinya untuk umat.
Sebagai organisasi Islam saat ini Aisyiyah telah banyak memfasilitasi untuk kaderisasi mubalighah. Pengembangan mereka dilakukan di daerah yang berbeda seluruh Indonesia.
Di banding laki-laki Muslimah tentu mempunyai banyak keterbatasan. Menurutnya, Dai tentu lebih interaktif dan dinamis dalam dakwahnya, Untuk dai Muslimat NU sendiri , mereka dididik dengan guru khusus.Jadi rata rata mereka punya guru dan syekh sendiri. Mereka punya jamaah, tetapi guru besarnya lain lagi, se-DKI guru besarnya ini. Itu sudah terstruktur.
Para guru besar inilah yang menjadi guru bagi para daiyah di muslimat NU. Dengan belajar kepada guru-guru besar mereka mendapatkan ilmu dan tambahan pengetahuan. Mereka juga mendapatkan pengayaan akan materi - materi yang nantinya akan mereka sampaikan kepada jamaah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar