Senin, 22 Desember 2014

BERI KABAR GEMBIRA, BAGI YG SUKA BERINFAQ


Keyakinan ber Tuhan, Jalan Agama Islam sangat mengajurkan pemeluknya untuk berinfaq. Anjuran yang bahkan pada bagian awal surah Al-Baqarah telah di sebutkan oleh Allah SWT salah satu karakter utama orang bertaqwa.
Firman Allah dalam Al-Quran, “Alif Laam Miim. Kitab (AL-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan sahalat dan meng-infaq-kan sebahagian rezki yang kami anugerahkan kepada mereka.” (Q Al-Baqarah:1-3)
Keyakinan ber Tuhan, Dalama ayat di atas Allah ta’aala menyebutkan karakter muttaqin yang bisa berinfaq bersama karakternya yang rajin menegakkan sholat. Di dalam Al-Qur’an hampir selalu karakter menegakkan sholat mengeluarkan infaq di sebutkan dalam suatu rangkaian berpasangan. Hal ini mudah di mengerti sebab ajaran islam selalu menekankan keseimbangan dalam segala sesuatu. Islam bukan semata ajaran yang mewujudkan hubungan antara hamba dengan Rabbnya atau hablum minAllah, tetapi juga hubungan antara hamba sesama hamba atau hablum minan-naas.
Firman Allah, yang artinya, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya”.(QS.Saba’:39). Syaikh ibnu Asyur berkata: “Yang di maksud dengan infak di sini adalah infak yang di anjurkan dalam agama. Seperti berifak kepada orang orang fakir dan berinfak di jalan Allah untuk membantu agama Allah. “Berinfaklah kamu niscaya aka akan memberikan ganti kepadamu.”Rasulullah juga bersabda:”Pemberian Allah selalu melimpah. Ibnu numair berkata: suatusak j/kddf pemberian yg tak pernah berkurang meskipun mengalir siang & malam. (HR.Muslim).
Sesungguhnya apa yang ada di dalam Tangan Allah, tak pernah berkurang karenanya. Arsy-Nya di atas air, sedangkan di tangan-Nya yang lain maut yang meluaskan rizki hamba-Nya yang lain maut, yang meluaskan rizki hamba-Nya atau menyempitkan.( HR.Muslim).   semoga menambah Keyakinan kita dalam beribadah untuk sesama.
***) candra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar