Sabtu, 20 Desember 2014

BERITA GEMBIRA KEPADA ORANG YANG SABAR



Bersabar & Bersyukur amatlah memuliakan seseorang. Karena dengan sabarlah pertolongan Allah akan datang “Hai orang-orang yang beriman mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat,sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Dan janganlah kami mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati, bahkan (sebernanya) mereka itu hidup tetapi kamu tidak menyadarinya. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi rajiuun. Mereka itulah mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS.Al-Baqarah 153-154)
Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa setelah Allah swt menjelaskan tentang bersyukur, Allah Swt mensayariatkan tentang sabar dan petunjuk serta minta pertolongan dengan sabar dan shalat. Sebab seorang hamba hanya mengalami dan kemungkinan, mendapat nikmat yang membuatnya bersyukur atau mendapatkan perkara yang sebaliknya (nikmat) yang membuatnya bersabar.
Dalam sebuah hadist Rasulullah saw bersabda:”Sungguh menakjubkan seorang mukmin itu, jika mendapatkan perkara yang menyenangkan, dia bersyukur dan bersyukur itu baik baginya. Jika di  timpa perkara yang tidak menyenangkan, dia bersabar dan bersabar  itu baik baginya.”
Kemudian Allah menyebut jenis-jenis ujian yang akan menimpa manusia sebajai ujian dalam menjalankan syariat Islam dan mengemban dakwah serta menjelaskan janji-Nya kepada orang-orang yang sabar dan tetap teguh dalam memperjuangkan kebenaran dan mengembalikan segala musibah dengan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi rojiuun.


Ujian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, kehilangan teman, kekurangan jiwa dan buah-buahan. Ini adalah jenis ujian yang diberikan oleh Allah. Maka mereka yang bersabar akan keluar dari ujian tersebut. Rahmat Allah akan menyertainya. Bahkan.” Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudihan.” (QS.Alam Nasroh:5) Maka Bersabarlah (*) totok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar