Senin, 08 Desember 2014

SELAMAT DARI PENGHANCURAN TENTARA SERBIA

 SELAMAT DARI PENGHANCURAN SERBIA

Hidayah, Tuhan.     Perang Serbia-Bosnia pada 1992 menorehkan cerita kelam bagi bangunan bersejarah, terutama yang memiliki identitas Islam di Bosnia. Asitektur  khas Islam Moor pada gedung Vijecinica menyebutkan bangunan ini menjadi sasaran serangan tank artileri tentara Serbia selama perang saudara.
gedung  ini tidak luput dari pengeboman dan pembakaran tentara Serbia dan menyebabkan terbakarnya ratusan ribu erbia dan menyebabkan terbakarnya ratusan ribu buku serta dokumen sejarah masyarakat Bosnia. Ketika perang saudara Serbia-Bosnia berakhir pada 1996, upaya rekonstruksi  Ketika perang saudara Serbia-Bosnia berakhir pada 1996, upaya rekonstruksi  bangunan bersejarah Vijecnica ini pun dimulai. Dengan bantuan Uni Eropa dan UNESCO yang menginvestasikan 12 juta Euro, gedung Vijecnica dibangun dan direkonstruksi kembali seperti semula pada  Mei 2014, gedung Vijecnica ini pun dibuka kembali  sebagai Perpustakaan Nasional Bosnia Herzegovina.
Hidayah, Tuhan.       Walikota Sarajevo Ivo Komsic bersama pimpinan Muslim Bosnia. Bakir Izetbegovic berharap gedung Vijecnica akan menjadi kemenangan peradaban Bosnia dari sikap barbariannisme kekejaman Serbia. Sebab selama perang Serbia-Bosnia lebih dari 100 ribu Muslim Bosnia tewas dibantai oleh etnis Serbia.

“Ini ada simbol kekuatan masyarakat Bosnia. Dari gedung ini kita ingin menunjukan bahwa kita mampu mengatasi problem masa lalu dan harapan untuk masa depan yang lebih baik,” kata Ivo Komsic. Kini Perpustakaan Nasional Bosnia Herzegovina ini menjadi anggota perpustakaan Eropa yang menerapkan kecanggihan sistem  online dalam bibliografi dan pendokumentasian. Gedung Vijecnica pun menjadi  laboratorium perlindungan & pemulihan untuk bahan pustaka dari UNESCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar