Minggu, 21 Desember 2014

BILA KALIAN SELALU BERSYUKUR


Kebesaran manfaat  bersabar & bersyukur. Bersyukur itu, terkadang sangat sulit dan dilakukan. Padahal, dengan bersyukur hidup akan lebih mudah  & bahagia. Dalam Islam adalah satu akhlaq yang sangat tinggi nilainya dengan kita bersyukur. Begitu tinggi nilai dari bersyukur tersebut sehingga tidaklah salah kalau para ulama mengatakan bahwa syukur itu mempunyai keagungan dan kedahsyatan yang mengagumkan. Marilah kita lihat beberapa ayat al-quran yang mengungkapkan keagungan dan kedahsyatan bersyukur.
Sebagaimana firman Allah SWT; “Dan ingatlah tatkala Yuhan-mu memaklumkan: “ Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS.14/ibrahim:7)
Dalam ayat diatas, Allah SWT mengemukakan pasti akan menambah nikmat apabila hambanya bersyukur. Janji Allah tersebut dikuatkan dengan kata “pasti”, dan tidak ada syarat apapun setelahnya. Artinya secara pasti orang-orang yang bersyukur akan diberi Allah tambahan nikmatnya.
Pertanyaan dalam ayat diatas diperkuat lagi dengan ayat lain yang menyatakan bahwa syukur seorang hamba itu adalah untuk dirinya sendiri, sedangkan Allah sama sekali tidak memerlukan syukur itu: “bersyukurlah kepada Allah. Dan berangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa tidak bersyukur, sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Tepuji. (QS.31/Lukman ; 12)
Balasan bagi hamba yang bersyukur itu mutlak, tanpa balasan dan tanpa syarat. Hal ini dinyatakan oleh Allah dalam akhir ayat 145 Surat Ali Imran:”.... Dan kami akan memberi balasan kepada orang orang yang bersyukur. (QS.03/Ali Imran ; 145).

Semoga kita semua adalah hamba yang bersedia bersyukur. Karena tidak akan ada kerugian bagi mereka yang bersyukur, sebab imbalannya juga sudah jelas dari Allah SWT, yaitu adalah limpahan nikmat dan karunianya.   ***)Ibrahim         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar