Jumat, 12 Desember 2014

MASJID PERTAMA TURKI SEGERA BERDI DI KUBA


Kisah, Hidayah.      Pemerintah Kuba menyetujui rencana pembangunan masjid pertama di negara itu. Sebelumnya, Religious Affairs Foundation (TDV) Turki mengirimdelegasi ke Kuba untuk membahas pembangunan tempat ibadah bagi umat Islam di ibu kota Hanava.
Asisten Manajer TDV Mustafa Tutkun meminta izin dimulainya pembangunan  masjid. Rencananya, desain masjid mengacu dengan gaya arsitek Masjid Ortakoy yang terkenal di Istanbul.   
Tutkun mengatakan, masjid inidibangun untuk melayani 3.500 Muslim di Hanava dan diprediksi rampung satu tahun. Distrik Old Havana dipilih sebagai lokasi Masjid.
Kisah, Hidayah.    Menurut Tatkun, desain Masjid Ortakoy akan cocok dengan arsitektur daeah sekitarnya. Terutama, di disrtik bersejarah Havana yang memiliki arsitektur lingkungan Eropa. “Kami pikir masjid nantinya akan membaur dengan sempurna,” ujar penasihat media TDV Yuksel Sezgin.
Hingga saat ini, Muslim Kuba shalat berjamaah di ruang tamu ruma pemimpin komunitas Muslim Havana Pedra Lazo Torre, seorang Profesor Kuba yang mempelajari studi timur tengah di     El Colegio de Mexico di Mexico City mengatakan, Kuba sebenarnya telah merencanakan membangun sebuah masjid sejak lama dengan menggunakan sumber daya Nasional.

Namun, karena keterbatasan dan akhirnya pemerintah meminta bantuan pada Turki. Rencana tersebut merupakan bagian dari proyek TDV yang lebih besar, yakni membangun masjid bagi       umat Islam yang tinggal di Karbia. Sebuah proyek serupa di Haiti dijadwalkan akan selesai pada    akhir tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar