Kamis, 25 Desember 2014

BERKURBAN

 BERKURBAN

Keyakinan & bersyukur. Kesadaran  dan kepedulian berkurban masyarakat Indonesia terus meningkat. Tak hanya di Tanah Air. Kepedulian Umat Islam Indonesia sampai nun jauh ke Afrika. Lembaga kemanusiaan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan amanah pekurban Tanah Air ke Kenya dan Somalia.
Tim Kurban PKPU untuk Kenya, Nana Sudiana mengatakan, timnya memiih daerah Kiberia, Nairobi, Kenya, sebagai sasaran pernyaluran kurban. Daerah tersebut sangat padat, “Daerah ini merupakan kantong daerah Muslim,” ujar  Nana.
 Menurut data yang dihimpun PKPU, Kiberia adalah daerah permukiman kumuh terbesar di Afrika dengan jumlah penduduk sekitar satu juta jiwa. “ Orang-orang Kiberia hidup di  gunungan sampah. Sebagian besar penduduk disini  tidak memiliki rumah sendiri,” lanjut Nana. Penyembelihan  dan pembagian kurban di Kiberia dilakukan setelah shalat  Idul Adha di Masjid Madina Center Nairobi. Kurban di Kenya sendiri dilakukan berkat kerja sama PKPU dengan juga turut  membantu. Warga antusias mendapatkan daging kurban dari Indonesia. Karena sangat kekurangan, warga bahkan sampai meminta  jeroan hewan kurban untuk dikonsumsi.
Keyakinan, bersyukur.     Antusiasme yang sama ditunjukan warga Daliban Village, Distric Afgoye, Region Lower Shabelle, Somalia. Puluhan warga antre pembagian daging dari pekurban Indonesia lewat  ACT. “Warga Daliban Village mayoritas adalah petani miskin. Mereka mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makanan karena ladang mereka mengalami kekeringan,” ujar Tim Global Qurban ACT Andhika  Purbo Swasono.
Selain kekeringan, Andhika menyebut, warga Somalia sangat membutuhkan bantuan dari luar. Negera yang bependuduk mayoritas Muslim ini masih dilanda konflik bersenjata  yg berkepanjangan. “Pembagian ini disambut dengan baik. Tim relawan lokal juga membantu  penyembelihan,” papar Andhika.  Kebahagian jelas terpancar dari warga Somalia setelah menerima paket daging Kurban. “Mahadsanid  Indonesia !”  ucap salah seorang warga Somalia mengucapkan  terima kasih. Sebagai keyakinan-Nya  dan rasa syukur.



**)ed:hafidz muftisany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar